Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Epson L Series - Yang Terbaru
News Update
Loading...

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Epson L Series

Mengatasi hasil print bergaris epson l series - Ketika sedang menggunakan printer epson kemudian terjadi masalah hasil print bergaris tentu saja hal ini akan membuat Kita kesal. Apalagi kalau sedang ngeprint ditempat kerja atau sedang ngeprint tugas sekolah. Hasil print bergaris, putus-putus, kurang jelas atau hasil print yang kurang sempurna bisa terjadi pada merek printer apa saja.

Hal tersebut juga bisa terjadi pada printer merek epson L series mulai dari epson L130, L220, L310, L360 dan merek epson L series lainnya. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hasil print bergaris di epson l series, salah satunya adalah karena telat mengisi tinta, printer tidak terawat dengan baik dan masalah lainnya. 

Jika sudah terjadi hasil print bergaris dan putus-putus maka Kamu tidak perlu kuatir dengan masalah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki printer epson l130, l220, l310, l360 dan printer epson l series lainnya yang hasil printnya bergaris tanpa perlu membawanya ke tukang servis printer. 

Kamu bisa mencoba tutorial yang akan Saya berikan pada artikel kali ini untuk memperbaiki hasil print epson l series yang bergaris sebelum langkah terakhir yaitu membawanya ke tukang servis printer untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut dan juga perbaikan. Buat Kalian yang sedang mrngalami masalah hasil print out epson putus-putus, kurang jelas atau hasil print kurang bagus silahkan bisa membaca kemudian mengikuti tutorial yang akan Saya bagikan berikut ini.

Cara Memperbaiki Printer Epson L Series Bergaris


Pertama kali Kamu harus masuk ke menu pengaturan printer terlebih dahulu melalui control panel atau supaya lebih mudah bisa melalui coreldraw, microsoft word, dan aplikasi lain kemudian tekan ctrl+p seperti saat Kamu ingin ngeprint. Selanjutnya ikuti panduan yang Saya tulis dibawah ini.

Periksa Nozzle Check

Pastikan printer Kamu sudah terisi kertas kosong untuk melakukan perbaikan hasil print bergaris atau putus-putus.
  1. Pada tab General silahkan pilih printer yang bermasalah dan ingin diperbaiki
  2. Kemudian klik tombol Preferences
  3. Geser ke tab Maintenance
  4. Sekarang klik Nozzle Check
  5. Kemudian klil tombol Print
  6. Yang terakhir klik Finish
Cara tersebut adalah untuk melihat hasil print dari printer yang bermasalah sebelum menuju ke langkah berikutnya. Jika hasil print dari pengaturan nozzle check tersebut masih putus-putus atau kurang bagus maka Kamu bisa mencoba langkah selanjutnya.

Coba Lakukan Head Cleaning


Setelah melakukan pemeriksaan dengan cara nozzle check seperti tutorial diatas, sekarang lakukan head cleaning pada printer epson yang bergaris. Saya akan memberikan panduannya berikut ini.

  1. Masih di tab Maintenance, silahkan klik menu Head Cleaning
  2. Klik tombol Start untuk memulai proses pembersihan
  3. Kemudian klik tombol Print Nozzle Check Pattern
  4. Selanjutnya klik Print
Sekarang lihatlah hasil print dari proses head cleaning tadi. Jika hasilnya sudah bagus dan tidak putus-putus atau bergaris maka printer epson Kamu sudah berhasil diperbaiki. Sekarang cobalah untuk nge print gambar atau dokumen lainnya untuk memeriksa apakah printer epson yang bermasalah tadi sudah benar-benar teratasi atau belum.
Kamu bisa melakukan head cleaning beberapa kali untuk memperbaiki hasil print bergaris pada printer epson l series. Namun jika dengan cara tersebut tidak ada perubahan pada hasil print out maka perlu tindakan lainnya.
Jika hasil print tersebut sudah kembali normal maka tidak perlu melakukan langkah berikutnya. Namun apabila masih saja hasil printer pada epson l series bergaris, rusak atau masalah pada tinta yang lain maka perlu dilakukan tahapan perbaikan berikutnya seperti yang Saya tuliskan dibawah ini.

Jalankan Power Ink Flushing


Cara yang satu ini perlu untuk dicoba apabila printer epson masih saja hasilnya bergaris walaupun sudah dilakukan headcleaning beberapa kali. Namun sebelum menjalankan power ink flushing tersebut silahkan letakan tempat tinta diatas printer supaya posisinya lebih tinggi sehingga proses ini bisa berjalan dengan baik.

Pastikan semua tinta yang terhubung dengan printer epson Kamu terisi cukup banyak atau penuh. Proses kali ini akan menguras cukup banyak tinta untuk keperluan pembersihan lanjutan.
Caranya juga tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Ikuti saja panduan yang Saya tulis dibawah ini supaya Kalian tidak pusing.

  1. Pada tab Maintenance, klik menu Power Ink Flushing
  2. Kemudian klik ok
  3. Klik Start untuk memulai
  4. Terakhir klik Finish jika prosesnya sudah selesai
Fungsi power ink flushing tersebut hanya bisa dilakukan satu kali dalam 12 jam. Jadi setelah Kamu menggunakan fungsi ini maka harus menunggu 12 jam kedepan untuk menggunakan fungsi ini kembali. 

Buat Kalian yang mungkin masih bingung dengan tutorial yang Saya tulis kali ini maka sebaiknya silahkan tonton tutorialnya dalam bentuk video youtube yang sudah Saya siapkan dibawah ini.


Tutorial diatas tentang cara memperbaiki printer yang bergaris bisa Kamu terapkan pada epson l360, l130, l220, l310 atau epson L series lainnya. Jika Kamu sudah melakukan semua tutorial yang Saya tulis pada artikel ini namun masih belum juga bisa mengatasi hasil print out bergaris, putus-putus dan kurang jelas maka langkah selanjutnya adalah dibawa ke tukang servis printer yang sudah berpengalaman di daerah Kamu.

Terkadang yang membuat hasil print bergaris bisa jadi disebabkan oleh adanya kerusakan part print yang ada dibagian dalam mesin printer. Jadi perlu dibongkar untuk melakukan servis dan pengecekan lanjutan. Yang terpenting agar masalah tersebut tidak terjadi adalah sering-sering melakukan cek isi tinta, jangan sampai printer Kamu kehabisan tinta disaat digunakan untuk ngeprint.

Masalah kehabisan tinta memang sepele, namun jika hal tersebut sering terjadi maka bisa menyebabkan rusaknya mesin printer sehingga tak jarang yang berdampak pada eror, printer sering macet dan hasil print tidak sempurna. Nah mungkin cukup itu saja ya teman-teman artikelnya yang membahas mengenai cara mengatasi hasil print yang bergaris pada printer epson l series. Semoga masalah yang Kamu hadapi pada printer epson l series yang eror bisa segera teratasi. Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel di blog Saya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done